Perbedaan Antara Serigala Abu-abu dan Anjing Liar Afrika

Perbedaan antara serigala abu-abu dan anjing liar afrika

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara serigala abu-abu dan anjing liar afrika. Jika dilihat sekilas, keduanya memang mudah dibedakan karena memiliki warna dan corak tubuh yang berbeda.

Perbandingan Taxonomi

Serigala Abu-abuAnjing Liar Afrika
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Canidae Canidae
Genus Canis Lycaon
Spesies C. lupus L. pictus

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Monyet Rhesus dan Monyet Pemakan Kepiting

Nama Lain
Serigala abu-abu juga dikenal sebagai serigala kayu dan serigala barat. Sedangkan nama lain dari anjing liar afrika adalah anjing pemburu afrika, anjing bercat, dan serigala bercat.

Ukuran Tubuh
Serigala abu-abu merupakan spesies canidae yang terbesar. Sedangkan anjing liar afrika memiliki tubuh yang relatif ramping dan tinggi, dengan telinga yang besar.

Berat
Serigala abu-abu memiliki berat sekitar 43-45 kg (jantan) dan 36-38,5 kg (betina). Sedangkan anjing liar afrika memiliki berat yang lebih ringan, yaitu sekitar 20-25 kg.

Warna
Serigala abu-abu memiliki bulu yang panjang dan lebat dengan warna yang didominasi abu-abu. Sedangkan anjing liar afrika memiliki bulu dengan warna hitam dan coklat.

Persebaran
Serigala abu-abu memiliki persebaran yang sangat luas, persebaran habitatnya mencakup dunia lama dan dunia baru. Sedangkan anjing liar afrika hanya tersebar di beberapa bagian benua Afrika.

Tinggi Badan
Serigala abu-abu memiliki tinggi sekitar 80-85 cm. Sedangkan anjing liar afrika memiliki badan yang lebih pendek, yaitu sekitar 60-75 cm.

Sifat Sosial
Serigala abu-abu merupakan hewan sosial, biasanya ditemukan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 5-11 individu. Begitupula dengan anjing liar afrika, dan mereka biasanya ditemukan dalam kelompok yang sedikit lebih banyak dari serigala abu-abu.

Masa Gestasi
Masa gestasi dari serigala abu-abu berlangsung sekitar 62-75 hari. Sedangkan masa gestasi dari anjing liar afrika berlangsung sekitar 69-73 hari, dan akan melahirkan 6-16 ekor anak.

Mangsa
Umumnya serigala abu-abu memangsa ungulata besar, marmut, kelinci, rubah, musang, dan tikus. Sedangkan mangsa dari anjing liar afrika adalah antelop.

Musuh Alami
Musuh alami dari serigala abu-abu adalah beruang coklat, mereka akan membunuh anak dari satu sama lain ketika bertemu. Sedangkan musuh alami (tepatnya, predator) dari anjing liar afrika adalah singa.

Keunikan
Serigala abu-abu merupakan subspesies (C. l. lupus) yang diklasifikasikan kedalam spesies Canis lupus bersama dengan anjing (C. l. familiaris). Sedangkan anjing liar afrika merupakan satu-satunya predator besar yang diurnal (bersama dengan cheetah).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »