Perbedaan Antara Kambing dan Domba

Perbedaan antara kambing dan domba

Hewan apa yang memiliki tanduk dan hidup di sekitar kita? Pasti jawabannya adalah sapi, kambing dan domba. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara kambing dan domba. Kedua hewan tersebut merupakan hewan yang sudah didomestikasi oleh manusia dan sering dimanfaatkan bulu, susu, dan dagingnya.

Perbandingan Taxonomi
KambingDomba
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Bovidae Bovidae
Genus Capra Ovis
Spesies C. aegagrus O. aries
Subspesies C. a. hircus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Tikus Hitam dan Tikus Coklat
  1. Domestikasi
    Kambing telah didomestikasi, paling tidak sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sedangkan domestikasi domba sudah dilakukan sejak 11.000-9.000 SM di Mesopotamia.
  2. Ras
    Ada sekitar 300 ras kambing yang tersebar di seluruh dunia dan semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Begitu juga dengan domba yang memiliki sekitar 200 ras.
  3. Bobot
    Setiap ras kambing memiliki berat yang spesifik, mulai dari 20-140 kg. Sedangkan bobot dari domba yaitu sekitar 45-160 kg (jantan) dan 45-100 kg (betina).
  4. Total Populasi
    Total populasi kambing di seluruh dunia mencapai 924 juta individu (tahun 2011). Sedangkan total populasi domba yaitu sekitar 1 miliar individu.
  5. Manfaat Bagi Manusia
    Umumnya kambing dimanfaatkan daging, susu, dan kulitnya. Sedangkan domba juga dimanfaatkan daging, susu, dan rambutnya (wol domba merupakan serat hewan yang paling banyak digunakan di dunia).
  6. Keunikan
    Kambing memiliki pupil berbentuk horizontal, karena irisnya yang terlihat pucat, pupil kambing yang kontras jauh terlihat jelas dibandingkan dengan hewan seperti sapi. Sedangkan seperti semua spesies dari genus ovis lainnya, domba memiliki kelenjar aroma tepat di depan mata mereka.
  7. Makanan
    Kambing dikenal sebagai hewan yang mau memakan apa saja, termasuk kaleng dan kardus, makanan utamanya adalah daun. Sedangkan makanan utama dari domba adalah rumput.
  8. Masa Hidup
    Masa hidup dari seekor kambing dapat mencapai sekitar 8-15 tahun. Sedangkan masa hidup dari domba berkisar dari 10-12 tahun (meski beberapa domba dapat hidup hingga umur 20 tahun).
  9. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari kambing berlangsung sekitar 150 hari, dan akan melahirkan satu sampai tiga ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari domba juga hampir serupa, yaitu sekitar 5 bulan.
  10. Cara Menyusui
    Tidak seperti domba, kambing akan menyusui anaknya dengan cara berbaring.
  11. Fakta Unik
    Kambing merupakan ternak yang paling penting bagi kebanyakan petani kecil di banyak negara. Sedangkan domba merupakan hewan mamalia pertama yang berhasil dikloning dari sel somatik dewasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »