Perbedaan Antara Kelinci Eropa dan Terwelu Eropa

Perbedaan kelinci eropa dan terwelu eropa

Jika ada kelinci eropa, maka ada juga terwelu eropa. Kedua hewan ini memang sulit dibedakan, karena sama-sama imut (dan sama-sama memiliki embel-embel "eropa" di namanya). Namun ternyata di balik keimutannya, kedua hewan ini juga memiliki keunikan tersendiri yang membedakan satu sama lain.

Perbandingan Taxonomi
Kelinci EropaTerwelu Eropa
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Lagomorpha Lagomorpha
Familia Leporidae Leporidae
Genus Oryctolagus Lepus
Spesies O. cuniculus L. europaeus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Monyet Rhesus dan Monyet Pemakan Kepiting
  1. Status Konservasi
    Status konservasi dari kelinci eropa adalah Near Threatened atau hampir mendekati terancam punah. Sedangkan status konservasi dari terwelu eropa adalah Least Concern atau paling tidak diperhatikan.
  2. Nama Lain
    Kelinci eropa juga dikenal sebagai koney. Sedangkan nama lain dari terwelu eropa adalah terwelu coklat.
  3. Persebaran Geografis
    Kelinci eropad dapat ditemukan di benua eropa dan Afrika bagian barat laut. Sedangkan terwelu eropa tersebar di beberapa negara eropa dan Asia.
  4. Anak
    Tidak seperti terwelu eropa, kelinci eropa yang baru dilahirkan memiliki mata yang tertutup dan tanpa bulu (articial).
  5. Subspesies
    Pada tahun 2005, ada sekitar 6 subspesies dari kelinci eropa yang telah diakui. Sedangkan terwelu eropa memiliki sekitar 16 subspesies yang telah diakui.
  6. Panjang
    Kelinci eropa yang sudah dewasa memiliki panjang sekitar 40 cm. Sedangkan terwelu eropa memiliki tubuh yang lebih panjang yaitu sekitar 60-75 cm.
  7. Panjang Telinga
    Kelinci eropa memiliki telinga dengan panjang sekitar 6,5-7,5 cm. Sedangkan telinga dari terwelu eropa memiliki panjang sekitar 9,4-11 cm.
  8. Perilaku
    Kelinci eropa biasanya ditemukan dalam sebuah kawanan yang tinggal di sistem lubang yang sama, yang biasanya diisi oleh 2-10 individu. Sedangkan terwelu eropa memiliki perilaku yang pemalu dan nokturnal.
  9. Makanan Utama
    Makanan utama dari kelinci eropa adalah rumput (terutama rumput yang bergizi). Sedangkan makanan utama dari terwelu eropa adalah rumput, rempah-rempah, tunas, kulit kayu dan tanaman lainnya.
  10. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari kelinci eropa berlangsung sekitar 30 hari dan akan melahirkan anak dengan berat sekitar 30-35 gram. Sedangkan masa gestasi dari terwelu eropa adalah sekitar 41-42 hari dan akan melahirkan anak dengan berat sekitar 130 gram.
  11. Domestikasi
    Kelinci eropa merupakan satu-satunya spesies kelinci yang sudah didomestikasi, dan ada sekitar 305 ras kelinci di dunia merupakan keturunan dari kelinci eropa. Sedangkan terwelu eropa belum didomestikasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »