Perbedaan Antara Sapi dan Kambing

Perbedaan sapi dan kambing

Semua orang pasti tahu perbedaan antara sapi dan kambing, karena kedua hewan tersebut memang memiliki perbedaan yang cukup menonjol dan mudah untuk dibedakan satu sama lain. Namun penasarankah Anda mengenai perbedaan antara keduanya yang lebih mendetail? Jika iya, simak artikel berikut.

Perbandingan Taxonomi
SapiKambing
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Bovidae Bovidae
Genus Bos Capra
Spesies B. taurus C. aegagrus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Hewan Berkuku Ganjil dan Hewan Berkuku Genap
  1. Total Populasi
    Pada tahun 2009, ada sekitar 1,4 miliar lebih sapi di dunia. Sedangkan total populasi dari kambing mencapai sekitar 924 juta individu (tahun 2011).
  2. Subspesies dan Ras
    Ada sekitar 3 subspesies sapi yang telah diakui. Sedangkan spesies kambing memiliki 300 ras yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.
  3. Kerabat Terdekat
    Kerabat terdekat dari sapi adalah banteng, gaur, dan yak. Sedangkan kerabat dekat dari kambing adalah domba. Keduanya dapat kawin silang dan menghasilkan keturunan mandul.
  4. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari sapi berlangsung sekitar 9 bulan. Sedangkan masa gestasi dari kambing hanya berlangsung sekitar 150 hari, atau sekitar 5 bulan dan akan melahirkan sekitar satu sampai tiga ekor anak.
  5. Masa Hidup
    Umur sapi ternak dapat mencapai sekitar 25 tahun. Sedangkan umur kambing hanya mencapai sekitar 8-15 tahun.
  6. Bobot
    Bobot sapi dewasa umumnya dapat mencapai sekitar 753-1.090 kg. Sedangkan bobot dari kambing yang dewasa hanya mencapai sekitar 20-140 kg.
  7. Domestikasi
    Sapi telah didomestikasi sekitar 10.500 tahun yang lalu. Sedangkan kambing telah didomestikasi oleh manusia sekitar 10.000 tahun yang lalu.
  8. Jumlah Puting
    Sapi memiliki 4 puting susu. Sedangkan sapi hanya memiliki 2 puting susu.
  9. Bentuk Pupil
    Sapi memiliki bentuk pupil yang biasa, yang terlihat seperti hewan pada umumnya. Sedangkan kambing memiliki pupil yang berbentuk horizontal, dan terlihat jelas.
  10. Janggut
    Umumnya sapi tidak memiliki janggut. Sedangkan kambing jantan maupun betina, keduanya memiliki janggut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »