Perbedaan Antara Unta Arab dan Llama

Perbedaan antara unta arab dan llama

Hewan yang paling berkerabat dekat dengan unta adalah llama. Sebagai kerabat terdekat unta, pastinya llama sangat mirip dengan unta dibandingkan dengan hewan lain. Kedua hewan tersebut juga memiliki perbedaan yang mencolok, apa saja perbedaannya? Mari simak artikel berikut ini.

Perbandingan Taxonomi
Unta ArabLlama
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Camelidae Camelidae
Genus Camelus Lama
Spesies C. dromedarius L. glama
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Serigala Abu-abu dan Coyote
  1. Jumlah Punuk
    Unta Arab hanya memiliki satu punuk. Sedangkan llama tidak memiliki punuk.
  2. Tinggi
    Unta Arab memiliki tinggi sekitar 1,8-2 meter (jantan) dan 1,7-1,9 meter (betina). Sedangkan tinggi dari llama dewasa yaitu sekitar 1,7-1,8 meter.
  3. Bobot
    Unta Arab jantan yang sudah dewasa dapat memiliki berat sekitar 400-600 kg, dan unta Arab betina memiliki berat sekitar 300-540 kg. Sedangkan berat dari llama hanya sekitar 130-200 kg.
  4. Perilaku Sosial
    Unta Arab merupakan hewan sosial, biasanya mereka ditemukan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 20 individu, dan dipimpin oleh pejantan dominan. Sedangkan llama juga merupakan hewan yang sangat sosial (hampir sama dengan unta Arab).
  5. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari unta Arab berlangsung sekitar 15 bulan. Sedangkan masa gestasi dari llama hanya berlangsung sekitar 11,5 bulan.
  6. Jumlah Gigi
    Unta Arab memiliki 34 gigi. Sedangkan llama hanya memiliki gigi sekitar 32 gigi.
  7. Adaptasi di Lingkungan Kering
    Unta Arab memiliki punuk yang dapat menampung hingga 36 kg lemak, unta Arab juga mampu menutup lubang hidungnya sesuai keinginan, dan mereka mamapu mentolerir kehilangan air sekitar 30% dari tubuhnya, yang umumnya tidak mungkin dilakukan untuk mamalia lain. Sedangkan llama memiliki usus yang panjang, yang memungkinkan bagi llama untuk bertahan di lingkungan kering.
  8. Sanggama
    Unta Arab membutuhkan waktu sekitar 7-35 menit untuk melakukan sanggama. Sedangkan waktu bersanggama dari llama yaitu sekitar 20-45 menit.
  9. Kegunaan
    Unta Arab biasanya dijadikan alat transportasi dengan cara menungganginya. Sedangkan llama dijadikan alat transportasi sebagai pembawa barang-barang.
  10. Persebaran
    Unta Arab tersebar di negara Arab dan beberapa negara di benua Afrika. Sedangkan llama merupakan hewan yang berasal dari Amerika Selatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »