Perbedaan Antara Marmut dan Kelinci Eropa

Perbedaan marmut dan kelinci eropa

Marmut dan kelinci (eropa), keduanya merupakan hewan peliharaan yang populer. Keduanya juga sama-sama imut dan mudah diajak bermain. Secara pribadi, mungkin saya akan memilih marmut sebagai hewan peliharaan, karena lebih imut dan kecil. Lalu, selain ukuran yang jelas berbeda, apa saja sih perbedaan antara keduanya? Mari simak pembahasan berikut ini.

Perbandingan Taxonomi
MarmutKelinci Eropa
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Rodentia Lagomorpha
Familia Caviidae Leporidae
Genus Cavia Oryctolagus
Spesies C. porcellus O. cuniculus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Kudanil dan Kudanil Kerdil
  1. Status Konservasi
    Status konservasi dari marmut adalah Domesticated atau telah didomestikasi. Sedangkan status konservasi dari kelinci eropa adalah Near Threatened atau terancam punah (meski, kelinci domestik yang merupakan keturunan dari kelinci ini sekarang jumlahnya melimpah).
  2. Hal Unik
    Dalam masyarakat barat, marmut dikenal sebagai hewan peliharaan rumah tangga. Sedangkan kelinci eropa terkenal suka menggali lubang, bahkan menjadikannya sebagai kegiatan sehari-hari.
  3. Berat
    Umumnya marmut memiliki berat sekitar 700-1.200 gram. Sedangkan kelinci eropa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki berat sekitar 1.200-2.000 gram.
  4. Panjang
    Marmut dewasa biasanya memiliki panjang sekitar 20-25 cm. Sedangkan panjang dari kelinci eropa yaitu 40 cm.
  5. Kemampuan
    Marmut dapat mempelajari jalur rumit untuk mencari makanan, dan dapat secara akurat mengingat jalur yang telah dipelajari selama berbulan-bulan. Sedangkan kelinci eropa mampu menggali setiap harinya, dan akan tinggal di sistem lubang dengan jumlah sekitar 2-10 individu.
  6. Alam Liar
    Marmut tidak dapat ditemukans secara alami di alam liar, karena kemampuannya dalam bertahan hidup di alam liar memang telah berkurang setelah didomestikasi oleh manusia. Sedangkan kelinci eropa masih memiliki jumlah yang berlimpah di alam liar.
  7. Makanan Utama
    Makanan utama dari marmut adalah rumput, mereka juga memiliki kolon yang lebih panjang dari kebanyakan hewan pengerat. Sedangkan makanan utama dari kelinci eropa adalah rumput, wortel dan umbi lainnya.
  8. Kemampuan Mensintesis vitamin C
    Seperti manusia, marmut tidak dapat mensintesis vitamin C mereka sendiri, dan harus mendapatkan vitamin ini dari makanan. Sedangkan kelinci eropa, seperti kebanyakan mamalia, mereka mampu mensitesis vitamin C sendiri.
  9. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari marmut berlangsung sekitar 59-72 hari, dan akan melahirkan 3-6 anak. Sedangkan masa gestasi dari kelinci eropa adalah sekitar 30-35 hari.
  10. Anak Yang Baru Lahir
    Tidak seperti kebanyakan hewan pengerat yang melahirkan anak altrikal (belum berkembang), marmut melahirkan anak yang sudah memiliki rambut, gigi, cakar, dan penglihatan. Sedangkan anak kelinci eropa yang baru lahir memiliki mata yang masih tertutup dan tanpa bulu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »