Perbedaan Antara Marmut dan Tikus Rumah

Perbedaan marmut dan tikus rumah

Pernah memelihara marmut? Jika pernah, pasti Anda juga pernah merasakan rasanya memelihara super imut tersebut. Selain imut, cara memelihara dan merawat marmut juga lumayan mudah. Tapi, apakah pernah terlintas dalam pikiran Anda "apasih perbedaan antara marmut dan tikus?". Iya tikus, hewan yang kebanyakan di benci oleh orang-orang, hewan yang mungkin bertolak belakang dengan marmut. Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara marmut dan tikus (khususnya tikus rumah).

Perbandingan Taxonomi
MarmutTikus Rumah
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Rodentia Rodentia
Familia Caviidae Muridae
Genus Cavia Mus
Spesies C. porcellus M. musculus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Tikus Hitam dan Tikus Coklat
  1. 1. Domestikasi
    Status konservasi dari marmut adalah Domesticated atau telah didomestikasi. Sedangkan tikus rumah masih merupakan hewan liar yang hidup di lingkungan manusia.
  2. 2. Dikenal Sebagai
    Dalam masyarakat barat, marmut telah dikenal sebagai hewan peliharaan rumah tangga (dan populer di seluruh dunia). Sedangkan tikus rumah dikenal sebagai model organisme dalam penelitian biologi dan kedokteran, juga sebagai pengganggu di lingkungan rumah.
  3. 3. Bobot
    Umumnya marmut memiliki berat sekitar 700-1.200 gram. Sedangkan tikus rumah memiliki berat sekitar 40-45 gram.
  4. 4. Panjang
    Marmut dewasa biasanya memiliki panjang sekitar 20-25 cm. Sedangkan tikus rumah hanya memiliki panjang sekitar 5-10 cm.
  5. 5. Masa Hidup
    Marmut peliharaan dapat hidup hingga umur 5-8 tahun. Sedangkan tikus rumah hanya hidup kurang dari satu tahun di alam liar (faktor predasi dan terutama faktor manusia).
  6. 6. Interaksi Sosial
    Kadangkala marmut ikut berpartisipasi dalam perawatan sosial, seperti saling mempelai rambut satu sama lain. Marmut juga mempraktekan alloparental, dimana betina akan merawat anak dari betina lain. Sedangkan tikus rumah juga merupakan hewan sosial, namun tidak sesosial marmut.
  7. 7. Penglihatan
    Penglihatan marmut tidak sebagus manusia dalam hal jarak dan warna, tetapi marmut memiliki sudut pandang yang lebih luas (340 derajat). Sedangkan penglihatan tikus rumah pada dasarnya mirip dengan manusia, namun tikus adalah dicromat sedangkan manusia yaitu trichromat. Hal ini berarti tikus tidak melihat beberapa warna dalam spektrum visual manusia.
  8. 8. Alam Liar
    Marmut tidak dapat ditemukan secara alami di alam liar. Sedangkan tikus rumah memiliki jumlah yang melimpah di alam liar.
  9. 9. Makanan Utama
    Makanan utama dari marmut adalah rumput, mereka juga memiliki kolo yang lebih panjang dari kebanyakan hewan pengerat (termasuk tikus rumah). Sedangkan makanan utama dari tikus rumah adalah semua makanan yang terdapat di lingkungan rumah.
  10. 10. Kemampuan Mensintesis Vit C
    Seperti manusia, marmut tidak dapat mensintesis vitamin C mereka sendiri, dan harus mendapatkan vitamin ini dari makanan. Sedangkan tikus rumah itu mirip dengan mamalia pada umumnya, mampu mensintesis vitamin C mereka sendiri.
  11. 11. Kematangan Seksual
    Marmut dapat mencapai kematangan seksual hanya dalam waktu 3-5 minggu. Sedangkan tikus rumah mencapai kematangan pada usia 6 minggu (betina) dan 8 minggu (jantan).
  12. 12. Kelahiran
    Tidak seperti kebanyakan hewan pengerat yang melahirkan anak yang belum berkembang dengan baik (altrikal), marmut melahirkan anak yang sudah memiliki rambut, gigi, cakar, dan penglihatan. Sedangkan tikus rumah melahirkan anak yang altrikal.
  13. 13. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari marmut berlangsung sekitar 59-72 hari, dan akan melahirkan 3 sampai 6 ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari tikus rumah berlangsung sekitar 19-21 hari, dan akan melahirkan 3-14 ekor anak.
  14. 14. Spesies Invasif
    Marmut bukan merupakan spesies invasif, bahkan tidak cukup adaptif di alam liar. Sedangkan tikus rumah merupakan spesies invasif, yang biasanya memusnahkan spesies-spesies di lingkungan barunya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »