Perbedaan Antara Marmut dan Hamster

Perbedaan Marmut dan Hamster

Pernah memelihara marmut? Pernah memelihara hamster? Kalau pernah, pasti Anda pernah merasakan betapa lembut dan imut kedua hewan tersebut. Karena sama-sama imut, dan sama-sama kecil, lalu apa saja sih perbedaan antara keduanya? Mari kita bahas bersama.

Perbandingan Taxonomi
MarmutHamster
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Rodentia Rodentia
Familia Caviidae Cricetidae
Subfamili Cricetinae
Genus Cavia
Spesies Cavia porcellus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Serigala Abu-abu dan Coyote
  1. Penggunaan Nama
    Marmut merupakan nama umum yang mengacu pada spesies Cavia porcellus. Sedangkan hamster merupakan istilah yang mengacu pada 25 spesies yang diklasifikasikan kedalam 6 genus di dalam subfamili cricetinae.
  2. Manfaat Bagi Manusia
    Meski terlihat imut dan lucu, namun marmut juga merupakan makanan yang khas bagi penduduk di sekitar pegunungan Andes. Sedangkan hamster merupakan yang berguna bagi penelitian, karena mereka sering dijadikan hewan laboratorium.
  3. Sebagai Hewan Peliharaan
    Dalam masyarakat barat, marmut telah dikenal sebagai hewan peliharaan rumah tangga. Begitupula dengan hamster, dan hamster yang sering dijual dan dijadikan hewan peliharaan adalah hamster emas, dengan nama Mesocricetus auratus.
  4. Kemampuan
    Marmut dapat mempelajari jalur rumit untuk mencari makanan, dan dapat secara akurat mengingat jalur yang dipelajari selama berbulan-bulan. Sedangkan kemampuan hamster yang unik adalah hamster dapat menyimpan makanan di mulutnya (yang akan mereka bawa ke sarang), hamster juga memiliki pendengaran yang sensitif dan dapat mendengarkan suara pada frekuensi ultrasonic.
  5. Penglihatan
    Penglihatan marmut tidak sebagus manusia dalam hal jarak dan warna, tetapi marmut memiliki sudut pandang yang lebih luas (sekitar 340 derajat). Sedangkan hamster memiliki penglihatan yang buruk, mereka rabun dekat dan buta warna.
  6. Alam Liar
    Marmut tidak dapat ditemukan di alam liar. Sedangkan hamster yang hidup di alam liar biasanya hidup di lubang untuk melindungi dirinya dari predator.
  7. Kandang
    Memasukkan marmut kedalam kandang yang sama dengan hamster biasanya akan menimbulkan infeksi pada marmut.
  8. Makanan Utama
    Makanan utama dari marmut adalah rumput, oleh sebab itu mereka juga memiliki kolon yang lebih panjang dari kebanyakan hewan pengerat. Sedangkan makanan utama dari hamster adalah biji, buah, dan tumbuh-tumbuhan.
  9. Masa Gestasi
    Masa gestasi dari marmut berlangsung sekitar 59-72 hari, dan akan melahirkan 3 sampai 6 ekor anak. Sedangkan masa gestasi dari hamster berlangsung sekitar 2-13 ekor anak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »