Perbedaan Antara Rusa Kutub dan Rusa Muse

Perbedaan rusa kutub dan rusa muse

Pernah lihat Sinterklas menaiki kereta luncurnya? Ternyata yang menarik kereta miliki Sinterklas adalah rusa kutub. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara rusa kutub (yang biasanya menjadi penarik kereta Sinterklas) dan rusa muse, yang merupakan rusa terbesar di dunia.

Perbandingan Taxonomi
Rusa KutubRusa Muse
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Familia Cervidae Cervidae
Genus Rangifer Alces
Spesies R. tarandus A. alces
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Tikus Hitam dan Tikus Coklat
  1. Persebaran Geografis
    Rusa kutub memiliki persebaran di daerah Arktik dan Subarktik. Sedangkan rusa muse tersebar di negara-negara seperti Kanada, Alaska, Rusia, dan negara-negara baltik.
  2. Tanduk
    Rusa kutub jantan dan betina mampu menumbuhkan tanduk setiap tahunnya (ukuran tanduk pejantan sedikit lebih besar dari tanduk betina). Tanduk rusa kutub terlihat seperti tanduk rusa pada umumnya. Sedangkan rusa muse jantan memiliki tanduk yang berbentuk tangan terbuka.
  3. Subspesies
    Ada sekitar 12 subspesies dari rusa kutub yang masih ada dan telah diakui. Sedangkan rusa muse hanya memiliki sekitar 8 subspesies.
  4. Ukuran
    Rusa kutub merupakan rusa terbesar kedua di dunia. Sedangkan rusa muse merupakan rusa terbesar dan terberat di dunia.
  5. Fungsi Tanduk
    Fungsi tanduk bagi kedua hewan ini adalah untuk memperebutkan pasangan. Pada rusa muse, tanduk akan dilepaskan setelah musim kawin, hal ini bertujuan untuk menghemat energi.
  6. Adaptasi di Lingkungan Dingin
    Rusa kutub memiliki kaki yang besar dengan kuku berbentuk bulan sabit, hal ini memudahkannya untuk berjalan di atas salju dan rawa-rawa. Sedangkan rusa muse memiliki hidung yang dilengkapi dengan bantalan lemak dan otot yang akan menutup lubang hidung pada saat hidung terkena air.
  7. Panjang Tubuh
    Rusa kutub memiliki panjang sekitar 120-214 cm (jantan) dan 167-205 cm (betina). Sedangkan panjang dari rusa muse yaitu sekitar 2,4-3,1 meter.
  8. Berat Tubuh
    Rusa kutub memiliki berat sekitarr 159-182 kg (jantan) dan 80-120 kg (betina). Sedangkan berat dari rusa muse dapat mencapai sekitar 280-700 kg (jantan) dan 200-490 kg (betina).
  9. Panjang Ekor
    Rusa kutub memiliki ekor dengan panjang sekitar 14-20 cm. Sedangkan rusa muse memiliki ekor yang lebih pendek, yaitu sekitar 5-12 cm.
  10. Gigi
    Rusa kutub memiliki gigi yang sama seperti rusa pada umumnya. Sedangkan rusa muse tidak memiliki gigi depan atas, namun memiliki 8 gigi seri yang berada di rahang bawah.
  11. Makanan Utama
    Makanan utama rusa kutub adalah lumut (di musim dingin) dan dedaunan hingga rumput. Sedangkan makanan utama dari rusa muse adalah vegetasi darat dan vegetasi akuatik.
  12. Sifat Sosial
    Rusa kutub merupakan hewan yang sosial. Sedangkan rusa muse merupakan hewan soliter, hal ini berbeda dengan rusa pada umumnya.
  13. Kemampuan Unik
    Rusa kutub merupakan satu-satunya hewan (selain beberapa gastropoda) yang memiliki enzim lichenase di perutnya. Sedangkan rusa muse tentu tidak memilikinya.
  14. Predator Utama
    Predator utama dari rusa kutub adalah serigala abu-abu. Sedangkan predator dari rusa muse adalah serigala abu-abu dan beruang coklat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »