Perbedaan Antara Serigala Abu-abu dan Rubah Merah

Perbedaan serigala abu-abu dan rubah merah

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara subspesies canidae terbesar, yaitu serigala abu-abu dengan rubah terbesar, yaitu rubah merah. Keduanya memiliki rentang geografis yang tumpang tindih dan memiliki preferensi makanan yang sama, jadi keduanya memiliki kemiripan yang mencolok, namun ada perbedaannya (yang akan dibahas dalam artikel ini).

Perbandingan Taxonomi
Serigala Abu-abuRubah Merah
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Canidae Canidae
Genus Canis Vulpes
Spesies C. lupus V. vulpes
Subspesies C. l. lupus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Serigala Abu-abu dan Coyote
  1. Ukuran
    Serigala abu-abu merupakan subspesies terbesar dari semua canidae. Sedangkan rubah merah merupakan spesies rubah terbesar.
  2. Berat
    Serigala abu-abu memiliki berat sekitar 43-45 kg (jantan) dan 36-38,5 kg (betina). Sedangkan rubah merah memiliki berat yang jauh lebih ringan, yaitu 2,2-14 kg (betina, 20% lebih ringan dari jantan).
  3. Bulu atau Rambut
    Seperti namanya, serigala abu-abu memiliki bulu yang panjang dan lebat dengan warna yang didominasi abu-abu. Sedangkan rubah merah memiliki bulu dengan warna merah keemasan (kadangkala juga putih dan hitam).
  4. Subspesies
    Ada sekitar 38 subspesies dari spesies Canis lupus. Sedangkan rubah merah memiliki sekitar 45 subspesies yang telah diakui.
  5. Rentang Geografis
    Persebaran serigala abu-abu mencakup dunia lama dan dunia baru (dan merupakan satu-satunya canis yang mencakup kedua benua tersebut). Sedangkan rubah merah tersebar di seluruh belahan bumi utara dari lingkar Arktik sampai Afrika Utara, Amerika Utara, dan Eurasia.
  6. Masa Hidup
    Umur maksimum dari serigala yaitu sekitar 16 tahun. Sedangkan umur maksimum dari rubah merah adalah sekitar 15 tahun (di penangkaran) dan 5 tahun (di alam liar).
  7. Panjang Tubuh dan Ekor
    Serigala abu-abu yang sudah dewasa memiliki panjang sekitar 134-170 cm. Sedangkan rubah merah memiliki ukuran yang jauh lebih kecil yaitu sekitar 30-55,5 cm.
  8. Tinggi
    Serigala abu-abu memiliki tinggi sekitar 80-85 cm (bahu). Sedangkan rubah merah memiliki tinggi sekitar 35-50 cm.
  9. Panjang Telinga
    Telinga serigala abu-abu memiliki panjang sekitar 90-110 mm. Sedangkan panjang dari telinga rubah merah yaitu sekitar 7,7-12,5 cm.
  10. Kemampuan Melompat
    Serigala abu-abu dapat melompat hingga 5 meter secara horizontal. Sedangkan rubah merah dapat melompat hingga ketinggian 2 meter secara vertikal.
  11. Teritorial
    Serigala abu-abu mempertahankan wilayahnya dari kelompok serigala lain dengan cara melolong dan menyerang langsung. Sedangkan rubah merah mengguankan air kencing untuk menandai wilayahnya.
  12. Anak
    Anak serigala abu-abu yang baru lahir memiliki berat sekitar 300-500 gram. Sedangkan rubah merah yang baru lahir hanya memiliki berat sekitar 56-110 gram.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »