Perbedaan Antara Gajah Laut Selatan dan Walrus

Perbedaan gajah laut selatan dan walrus

Ada banyak spesies pinnipedia (karnivora yang hidup di air). Hewan-hewan tersebut merupakan hewan semiakuatik, artinya hewan yang hidup di laut dan berkembang biak di daratan. Hal ini berbeda dengan hewan-hewan dari kelompok cetacea yang sepenuhnya akuatik (sepenuhnya hidup di laut). Diantara spesies pinnipedia, ada spesies yang terbesar, yaitu gajah laut selatan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan antara gajah laut selatan dan walrus.

Perbandingan Taxonomi
Gajah Laut SelatanWalrus
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Phocidae Odobenidae
Genus Mirounga Odobenus
Spesies M. leonina O. rosmarus
Perbedaan
Baca Juga: Perbedaan Antara Hewan Berkuku Ganjil dan Hewan Berkuku Genap
  1. Persebaran Habitat
    Populasi gajah laut selatan tersebar di wilayah Antartika. Sedangkan walrus berada di bumi bagian utara, yaitu di Samudera Artik dan laut subartik.
  2. Ukuran
    Gajah laut selatan merupakan anggota terbesar dari klade pinnipedia dan ordo carnivora. Serta merupakan mamalia laut terbesar (non-cetacea). Sedangkan walrus merupakan pinnipedia terbesar ketiga. Jika dibandingkan, bobot gajah laut selatan itu dua kali lipat dari bobot walrus.
  3. Keunikan
    Seperti halnya gajah, gajah laut selatan juga memiliki belalai yang berukuran besar, yang berfungsi untuk membuat raungan (terutama selama musim kawin). Sedangkan ciri khas dari walrus adalah gadingnya yang panjang, yang panjangnya dapat mencapai sekitar 1 meter dengan berat hingga 5,4 kg.
  4. Dimorfisme Seksual
    Gajah laut selatan menunjukkan dimorfisme seksual yang cukup signigikan dari semua mamalia, dengan pejantan yang 5-6 kali lebih berat daripada betina. Sedangkan walrus menunjukkan dimorfisme yang cukup sedang, dengna pejantan yang sedikit lebih besar dan memiliki gading yang lebih panjang.
  5. Bobot
    Gajah laut selatan betina memiliki berat sekitar 400-900 kg, dan yang pejantan memiliki berat sekitar 2,200-4.000 kg. Sedangkan walrus jantan memiliki berat sekitar 2.000 kg.
  6. Sosial
    Gajah laut selatan jantan yang dominan biasanya memiliki harem dengan sejumlah lusinan betina. Sedangkan walrus merupakan hewan sosial, yang biasanya ditemukan dalam kelompok hingga ribuan individu.
  7. Anak Yang Baru Lahir
    Anak gajah laut selatan yang baru lahir memiliki berat sekitar 40 kg. Sedangkan anak walrus yang baru lahir hanya memiliki bobot sekitar 5,4 kg dengan panjang sekitar 1 meter.
  8. Makanan Utama
    Makanan utama dari gajah laut selatan adalah cumi-cumi dan ikan. Sedangkan makanan utama dari walrus adalah hewan-hewan moluska, seperti kerang.
  9. Penyelaman
    Gajah laut selatan mampu menyelam hingga kedalaman 2.133 m, dan merupakan mamalia non-cetacea yang melakukan penyelaman terdalam. Sedangkan walrus hanya mampu menyelam hingga kedalaman 80 meter.
  10. Predator Utama
    Predator utama dari gajah laut selatan adalah paus orca, macan tutul laut, dan hiu. Sedangkan predator utama dari walrus adalah beruang kutub dan paus orca.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »